Saturday, June 16, 2012

PENDOKUMENTASIAN SOAP




1.       PENDOKUMENTASIAN SOAP
Manajemen kebidanan merupakan suatu metode atau bentuk pendekatan yang digunakan oleh bidan dalam memberikan asuhan kebidanan. Asuhan yang telah diberikan harus dicatat secara benar, jelas, singkat, logis dalam suatu metode pendokumentasian.
Pendokumentasian yang benar adalah pendokumentasian yang dapat mengkomunikasikan kepada orang lain mengenai asuhan yang telah diberikan pada seorang klien, yang didalamnya tersirat proses berfikif yang sistematis seorang bidan dalam menghadapi seorang klien sesuai langkah-langkah dalam proses menajemen kebidanan.
Menrut Hellen Varney, alur berfikir saat menghadapi klien meliputi 7  langkah. Untuk orang lain mengetahui apa yang telah dilakukan oleh seorang bidan melalui proses berfikir sistematis, didokumentasikan dalam bentuk SOAP yaitu :
S = SUBJEKTIF                
Menggambarkan pendokumentasian hasil pengumpulan data klien melalui anamnesa sebagai langkah I Varney
O = OBJEKTIF
Menggambarkan pendokumentasian hasil pemeriksaan fisik klien, hasil laboratorium, dan test diagnostik lain yang dirumuskan dalam data fokus untuk mendukung asuhan sebagai langkah I Varney
A =   ASSESMENT
Menggambarkan pendokumentasian hasil analisa dan interpretasi data   sumbektif dan data objektif dalam suatu identifikasi :
a.       Diagnosa/masalah
b.      Antisipasi diagnosa/masalah potensial
c.       Perlunya tindakan segera oleh bidan atau dokter, konsultasi/kolaborasi dan atau rujukan sebagai langkah 2, 3, 4 Varney.
P =   PLANNING
Menggambarkan pendokumentasian dari tindakan 1 dan evaluasi perencanaan (E) berdasarkan Assesment sebagai langkah 5, 6, 7 Varney.
                        Beberapa alasan penggunaan SOAP dalam pendokumentasian :
a.         Pembuatan grafik metode SOAP merupakan perkembangan informasi yang sistematis yang mengorganisasi penemuan dan konklusi anda menjadi suatu rencana
b.         Metode ini merupakan intisari dari proses pelaksanaan kebidanan untuk tujuan mengadakan pendokumentasian asuhan.

**GoodLuck**